Rabu, 20 Januari 2010

Firewall



Firewall atau tembok api merupakan istilah dalam dunnia security yang bentuk fisiknya bisa berupa hardware maupun software. tujuan firewall adalah membuat aturan yang berguna untuk memberi izin, menolak, mengenkripsi, dan memproxy lalu-lintas data di komputerr antar domain yang berbeda.
dengan demikian, firewall bertujuan mencegah hacker memasuki sistem komputer tanpa hak. firewall menegakkan aturan kebijakan aturan keamanan, seperti halnya fungsi kartu akses dan pintu gerbang dalam sebuah gedung yang berguna untuk mengizinkan orang berhak untuk memasuki gedung dan menolak orang memasuki gedung.

untuk melengkapi fungsi, firewall memiliki filter yang tidak mengijinkan materi yang tidak terotorisasi atau berpotensi menggagu suatu sistem untuk memasuki sistem.selain itu, firewall juga mencatat log pada suatu sistem. jika komputer anda terhubung kejaringan luar, baik jaringan kantor, wan, atau internet, mau tak mau anda wajib menginstal firewall.
sebuah firewall dapat memproteksi komputer dengan cara memeriksa tiap paket informasi yang lalu lalang di jaringan.. bagaimana firewall mencurigai adanya paket-paket nakal. bagaimana cara firewall mencurigai adanya paket-paket nakal? caranya adalah dengan membaca alamat tujuan yang dibolehkan dan alamat yang tidak dibolehkan .
jika sebuah paket ditujukan untuk alamat yang dilarang atau datang dari alamat yang dilarang, firewall akan menghentikan paket tersebut. begitu pula jika paket menuju alamat yang valid, namun portnnya tidak diketahui atau dilarang, fireall akan menyetop paket tersebut. firewall juga mencatat paket yang keluar-masuk dari komputer.
dengan adanya penyelesaian paket yang lalu lalang, fireall dapat digunakan untuk mencegah ancaman aktif yang ada dikomputer, seperti worm atau virus. software jahat ini sering kali memasuki komputer menggunakan cara licik, seperti melaui port tertentu yang pada umumnya tidak termonitor.

Dic 16 Nop 2009